Waspada Kenaikan Harga Menjelang Nataru

  • Rabu, 27 Desember 2023 - 11:03:01 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Waspada Kenaikan Harga Menjelang Nataru

Selong – Upaya penurunan inflasi terus dilakukan oleh pemerintah baik dari pusat maupun daerah. Di akhir Tahun 2023 ini Kemendagri kembali menggelar rapat koordinasi  yang dipimpin langsung oleh Inspektur Jendral  Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) Tomsi Tohir. Rakor Inflasi terakhir di tahun 2023 ini diikuti secara daring oleh Pj. Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik.

Dalam arahannya Irjen Kemendagri mengingatkan kepala seluruh kepala daerah untuk terus meningkatkan antisipasi kenaikan harga pada Tahun Baru 2024.

Lebih lanjut Irjen Kemendagri memamparkan 10 Provinsi dengan inflasi tertinggi yakni, Lampung,Malut, Babel, Jambi, Sumsel, DI Yogyakarta, Kepri, Kaltim, Riau, dan Jatim. Selain itu ia berterimakasih kepada 10 Provinsi yang telah menurunkan inflasi yakni Provinsi Bali, NTB, Kalteng, Kaltara, Maluku, DKI Jakarta, Sulbar, Kalbar, Papua, dan Aceh.

Sementara itu, berdasarkan Data Pusat Statistik, dalam lima tahun terakhir, selalu terjadi inflasi pada bulan Desember, dan menjadi lebih tinggi dibandingkan inflasi November. Untuk itu perlu kewaspadaan terhadap kenaikan harga beberapa komoditas menjelang Natal dan Tahun Baru  diantaranya tarif angkutan udara, telur ayam ras, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan daging ayam ras.

Perkembangan harga cabai rawit secara nasional naik menjadi 14,79% di minggu ke-3 bulan Desember 2023, harga bawang merah nasional naik 13,96%, dan telur ayam ras naik 0,88.

Tinjauan inflasi dan indeks perkembangan harga minggu ke-3 Desember 2023, berdasarkan perkembangan inflasi secara historis dan pantauan IPH, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan telur ayam ras berpotensi mengalami inflasi pada bulan Desember.

Secara nasional, jumlah Kab/Kota yang mengalami kenaikan IPH turun sebesar 7%. 10 Kab/Kota dengan penurunan IPH tertinggi diantaranya Lombok Timur, Bandung Barat, Lombok Barat, Muna Barat, Aceh Singkil, Sarolangun, Pasuruan, Pagar Alam, Tangerang, dan Boalemo.

  • Rabu, 27 Desember 2023 - 11:03:01 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya