Pj. Bupati Lotim Gelar Rapat Persiapan Penananam Bibit Pohon dan Pembersihan Gunung Rinjani

  • Rabu, 24 Januari 2024 - 15:03:45 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pj. Bupati Lotim Gelar Rapat Persiapan Penananam Bibit Pohon dan Pembersihan Gunung Rinjani

Selong – Keberadaan Gunung Rinjani di Lombok Timur masih menjadi daya tarik utama para pendaki, wisatawan lokal dan mancanegara. Selain menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hutan hujan tropis dan savana, Gunung Rinjani juga memiliki kawah dengan lebar 10 KM, serta danau dibawah kawah yang disebut Danau Segara Anak yang dapat dinikmat. Namun disisi lain keberadaan sampah masih menjadi pekerjaan rumah pengelola, hal tersebut terjadi mengingat semakin tinggi kunjungan wisata, berakibat semakin banyaknya sampah dikawasan tersebut.

Untuk itu Pj. Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik bersama Kodim 1615 Lombok Timur menggelar rapat persiapan kegiatan penanaman pohon dan pembersihan Gunung Rinjani pada Rabu pagi, (24/01) yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati. Rapat ini menandai langkah terakhir dalam persiapan pelaksanaan kegiatan tersebut, yang dijadwalkan akan dilaksanakan dari tanggal 30 Januari hingga 01 Februari 2024. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kapolres Lotim, Ketua Persit, Direktur Bank NTB Syariah, pengelola TNGR, PMI, BPBD, dan Kepala OPD terkait. 

Rencana penanaman bibit pohon dan pembersihan gunung ini merupakan program Kasad dalam kick off penanaman dan pembersihan Gunung Rinjani. Pada kegiatan ini juga, Korem 162/WB akan melibatkan Forkopimda, PMI, Camat sembalun, pengelola TNGR,  Pramuka, Kepala Desa hingga masyarakat sembalun dengan jumlah peserta 700 orang dalam membersihkan dan menanam pohon di setiap pos-pos yang ada di kawasan Gunung Rinjani.

Adapun jenis tanaman yang akan ditanam adalah bibit pohon Cemara dan pohon Beringin. Kedua pohon tersebut dinilai sangat cocok untuk ditanam di kawasan Gunung Rinjani. Selain penanaman bibit pohon dan pembersihan kawasan Gunung Rinjani, pada kegiatan tersebut juga akan dirangkaikan dengan pelepasan 50 burung Kecial.

Dalam pertemuan tersebut, PJ. Bupati H. M. Juaini Taofik menekankan pentingnya upaya bersama dalam melindungi Gunung Rinjani, salah satu aset alam yang berharga bagi daerah ini. Kehadiran program ini sekaligus dapat menjadi ajang promosi wisata yang ada di Lombok Timur. 

Selain itu ia juga optimis kegiatan tersebut sukses, mengingat banyak personil yang dilibatkan. Dengan semangat kebersamaan, pemerintah daerah dan semua pihak yang terlibat dapat mencapai hasil yang maksimal dalam menjaga kelestarian Gunung Rinjani dan lingkungan sekitarnya.

Dalam rapat tersebut, disusun langkah-langkah konkret untuk memastikan keberlanjutan program ini, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, logistik, dan koordinasi antarinstansi.

  • Rabu, 24 Januari 2024 - 15:03:45 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya