Kunjungan Kerja ke Lotim, Pj. Bupati Lotim sambut Menko Marves Dalam Rangka Peresmian Industri Hilirisasi Rumput Laut di Teluk Ekas Kec. Jerowaru

  • Kamis, 29 Februari 2024 - 19:14:15 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Kunjungan Kerja ke Lotim, Pj. Bupati Lotim sambut Menko Marves Dalam Rangka Peresmian Industri Hilirisasi Rumput Laut di Teluk Ekas Kec. Jerowaru

Selong -Pj Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Teluk Ekas, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur pada Kamis (29/02), untuk meninjau secara langsung proyek hilirisasi rumput laut yang menjadi prioritas dalam strategi penguatan sektor maritim. 

Dalam kunjungannya, Menko Marves didampingi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Ir. Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Kedubes India untuk Indonesia, dan Kedubes Uni Emirat Arab untuk Indonesia. Mereka berfokus pada langkah-langkah konkrit untuk mengembangkan industri rumput laut menjadi produk bernilai tambah yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. 

Rumput laut dipilih sebagai salah satu komoditas yang strategis karena potensinya yang besar dalam meningkatkan perekonomian lokal dan nasional serta memberikan manfaat ekologis bagi lingkungan laut. 

Dalam Sambutannya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan mengawal industri hilirisasi yang di jalankan oleh PT Sea six Energy tersebut. Ia menegaskan dirinya akan mengawal hilirisasi rumput laut secara rutin dengan menerjunkan tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang nantinya setiap satu bulan sekali harus melaporkan progres pabrik tersebut.

Dengan berbagai inovasi teknologi dan manajemen, diharapkan bahwa rumput laut dapat menjadi salah satu andalan dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada komoditas ekspor lainnya.

Ia juga berharap dengan adanya proyek ini dapat menciptakan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Ekas.

Selanjutnya kegiatan tersebut diakhir dengan foto bersama dan penandatanganan prasasti oleh Menko Marves yang disaksikan oleh Kedubes India, Kedubes Uni Emirat Arab, Pj Guberner NTB, Pj. Bupati dan Presiden Sea Six Energy.

  • Kamis, 29 Februari 2024 - 19:14:15 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya