Pj. Bupati Lombok Timur Ingatkan ASN Netralitas Menjelang Pilkada 2024

  • Senin, 04 Maret 2024 - 11:27:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pj. Bupati Lombok Timur Ingatkan ASN Netralitas Menjelang Pilkada 2024

Selong - Pj. Bupati Lotim, H. M. Juaini Taufik, mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk meningkatkan netralitas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Peringatan ini disampaikannya saat memimpin apel gabungan yang diadakan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan netralitas ASN dalam proses demokrasi pada Senin pagi, (04/03) bertempat dihalaman kantor Bupati. 

Mengawali sambutannya, Pj. Bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak khususnya KPU dan Bawaslu dari tingkat Daerah hingga Desa atas dedikasi dan kerja keras menciptakan pemilu yang aman di Lombok Timur. Pencapaian tersebut menurutnya bisa menjadi bekal untuk menuju Pilkada 2024.

Selain itu, Pj. Bupati Lotim menegaskan pentingnya peran ASN dalam menjaga netralitasnya sebagai pilar utama dalam menjaga keadilan dan kesetaraan dalam setiap proses pemilihan umum. Ia menyebut meski secara teori dan praktik tekanan ASN pada Pilkada jauh lebih tinggi dari Pemilu, namun Pj. Bupati berharap para ASN tetap menjaga netralitasnya sebagai pelayan masyarakat. 

Pj. Bupati juga mengingatkan larangan bagi ASN selama tahapan Pilkada yang sejatinya sudah dimulai dari 26 Januari lalu, yakni ASN dilarang berpihak pada siapapun calon kepala Daerah, tidak terinterpensi baik dari semua golongan dan partai politik, serta dilarang menghadiri deklarasi calon menggunakan atribut atau tidak menggunakan atribut. 

Namun, yang paling penting menurut Pj. Bupati adalah ASN dilarang mempromosikan calon melalui media sosial pribadinya, karna hal tersebut dapat menjadi penilaian dimasyarakat. Untuk itu ia mengingatkan agar ASN berhati-hati dalam ber Media Sosial. 

Lebih lanjut ia menyampaikan, penegakan disiplin pegawai pada pilkada tahun ini lebih diperketat dibandingkan Pemilu sebelumnya. ASN yang terbukti tidak netral pada Pilkada tahun ini, akan diberikan sanksi mulai dari sanksi ringan seperti teguran lisan, hingga dengan pemecatan secara terhormat maupun tidak terhormat.

  • Senin, 04 Maret 2024 - 11:27:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya