Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Menjelang HBKN

  • Selasa, 05 Maret 2024 - 09:02:17 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil Menjelang HBKN

Selong- Pj. Bupati Lombok Timur H. M. Juaini Taofik beserta pimpinan OPD terkait kembali mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi dan Menjaga Pasokan Harga Pangan Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yang diikuti secara virtual di ruang rapat Bupati pada Senin pagi, (04/03). Rakornas yang di pimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian tersebut menjadi suatu langkah Pemerintah menjaga dan memastikan stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang HBKN.

Mendagri dalam Rakornas tersebut menyampaikan, ketersediaan stok pangan dan stabilitas harga perlu diantisipasi dan dijaga dengan sejumlah upaya, hal tersebut penting dilakukan dengan cara melakukan koordinasi yang intensif antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta stakeholder terkait secara sinergis.

Sinergitas dan koordinasi yang intesif dilakukan dengan terus melakukan monitoring dan updating informasi agar semua pihak selalu siap dalam menghadapi dampak inflasi serta mengambil langkah-langkah konkrit, terutama menjelang HBKN seperti puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain itu, ia mengingatkan agar daerah dapat memanfaatkan berbagai alokasi dana yang ada dalam upaya stabilitas harga, salah satunnya melalui operasi pasar murah dan memanfaatkan belanja tidak terduga (BTT).

Sementara itu, Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam laporannya menyampaikan inflasi Februari 2024 relatif lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya. Komoditas utama penyebab inflasi Februari 2024 adalah beras, cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, dan minyak goreng dengan inflasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan Februari periode sebelumnya.

Sedangkan terkait harga beras, kenaikan harga beras terjadi tidak hanya dipengaruhi oleh ketersediaan beras di dalam negeri saja, tetapi juga secara internasional di negara-negara produsen lainnya.

  • Selasa, 05 Maret 2024 - 09:02:17 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya