Bupati : Pentingnya Data Valid Dalam Upaya Percepatan Penanganan Covid-19

  • Senin, 13 April 2020 - 19:48:59 WIB
  • ADMIN-KOMINFO
Bupati : Pentingnya Data Valid Dalam Upaya Percepatan Penanganan Covid-19

Bupati menekankan pentingnya data valid dalam upaya percepatan penanganan Covid-19, utamanya terkait penerapan jaring pengaman sosial. Sebab tanpa data valid bisa jadi program yang datang dari Pusat, Provinsi, maupun daerah tidak tepat sasaran, atau bahkan tumpang tindih, bertumpuk di satu kepala keluarga. Padahal jaring pengaman sosial diperuntukkan membantu lapisan masyarakat mulai dari sangat miskin, miskin, dan hampir miskin sebagai dampak penyebaran kasus Covid-19 yang berdampak terhadap perekonomian masyarakat. Bupati menekankan berbagai bantuan tersebut harus merata diterima masyarakat terdampak.

Sejumlah program regular seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), ditingkatkan Pemerintah Pusat sebagai bagian dari jaring pengaman sosial, di samping program seperti Kartu Prakerja yang akan diberikan kepada pencari kerja, tenaga kerja yang dirumahkan, tenaga migrant yang urung berangkat, tenaga migrant yang pulang tanpa hasil, juga UKM terdampak. Selain itu ada pula paket bantuan dari Pemerintah Provinsi NTB dengan 50 ribu lebih paket yang diharapkan berupa dana. Pengelolaan dana tersebut nantinya akan diserahkan kepada BUMDes dan dapat menjadi bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat serta UMKM.

Pemda Lombok Timur sendiri telah menyiapkan paket bantuan sandang pangan yang disalurkan melalaui kecamatan. Di samping itu meringankan beban ekonomi masyarakat Bupati juga menginstruksikan untuk mempersiapkan operasi pasar yang dilaksanakan tidak hanya satu kali melainkan beberapa kali yaitu menjelang dan selama bulan Ramadhan.

Bupati juga menambahkan bahwa terkait Covid-19 penggunaan anggaran sepenuhnya berada di bawah pengawasan Wakil Bupati selaku Pelaksana Harian gugus tugas.

  • Senin, 13 April 2020 - 19:48:59 WIB
  • ADMIN-KOMINFO

Berita Terkait Lainnya