Sukseskan Smart City Melalui Pengembangan Masyarakat Dan Lingkungan Berkelanjutan

  • Kamis, 22 Juli 2021 - 21:47:22 WIB
  • M. Subhan Hadi
Sukseskan Smart City Melalui Pengembangan Masyarakat Dan Lingkungan Berkelanjutan

Selong – Memasuki hari ke-3 (tiga) pelaksanaan pra bimbingan teknis tahap 1 (satu), pemerintah daerah Kabupaten Lombok Timur bersama OPD terkait siap menyukseskan Kabupaten Lombok Timur menjadi kota cerdas dengan mengembangkan masyarakat dan mengelola lingkungan yang berkelanjutan.

Hal itu mengacu pada 6 pilar smart city yakni smart society dan smart environment yang menghadirkan beberapa OPD terkait di Kabupaten Lombok Timur dalam mengembangkan Kabupaten Lombok Timur menjadi kota cerdas melalui program unggulan pemerintah daerah.

Pra bimbingan teknis tahap 1 yang dilaksanakan di ruang Rupatama 2 Kantor Bupati Lombok Timur pada Kamis Pagi (22/07) terbagi dalam 2 (dua) sesi yakni sesi pagi membahas mengenai  smart society dan sesi siang membahas mengenai smart environment.

Tim Pembimbing Teknis, Adi Mulyanto menyampaikan dalam pengembangan smart society, ada beberapa fokus pengembangannya yaitu pendidikan, ketertiban dan kedisiplinan serta kewirausahaan. Sedang fokus pengembangan smart environment yaitu kelestarian lingkungan dan penanganan bencana.

Dalam acara ini juga membahas terkait program yang telah dilaksanakan dari beberapa OPD yang hadir, salah satunya program Pojok Baca Digital yang dikembangkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur dengan memfasilitasi masyarakat agar dapat mengubah budaya baca masyarakat. Namun seperjalanannya, masih kurangnya branding kepada masyarakat terkait program tersebut.

Dengan diadakannya pra bimbingan teknis tahap 1 ini, diharapkan OPD terkait mampu mengembangkan literasi digital dalam pengembangan smart society,  semua OPD dapat berkolaborasi satu sama lain dan saling berintegrasi sehingga terciptanya masterplan pada bimbingan teknis tahap 1 yang akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

  • Kamis, 22 Juli 2021 - 21:47:22 WIB
  • M. Subhan Hadi

Berita Terkait Lainnya