Pemkab Kembali Gelar Bimtek Tahap II Smart City

  • Rabu, 22 September 2021 - 20:51:48 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pemkab Kembali Gelar Bimtek Tahap II Smart City

Selong – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Kominfo dan Persandian Kab. Lombok Timur kembali menggelar acara Bimbingan Teknis Tahap 2 (dua) penyusunan Masterplan dalam rangka gerakan menuju Kabupaten Lombok Timur sebagai kota cerdas (Smart City) yang dilaksanakan di ruang Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur pada Rabu Pagi, (22/09).

Acara yang digelar selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 22 s.d 23 September 2021 dengan menghadirkan Tim Pembimbing Teknis smart city dan beberapa OPD terkait 6 pilar smart city yakni Smart Government, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment yang berlangsung secara tatap muka.

Dalam sambutannya, Asisten 2 Setda Lombok Timur menyampaikan bahwa tidak bisa di pungkiri teknologi sangat dibutuhkan, apalagi kebutuhan data maupun informasi yang dapat diakses oleh publik secara cepat sangat dibutuhkan saat ini.

Pada kesempatan itu juga, Tim Pembimbing Teknis smart city, Dr. Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom menyampaikan bahwa smart city tidak hanya tentang teknologi informasi saja, namun smart city juga berkaitan dengan inovasi yang smart dalam program-program unggulan setiap OPD seperti dalam pengelolaan sampah atau pemberdayaan pokdarwis.

Pada Bimtek tahap 2 (dua) smart city kali ini, membahas terkait penyepakatan visi misi pembangunan smart city, fokus, tujuan, sasaran dari smart city Kabupaten Lombok Timur. Penggalian permasalahan strategi, program dan rencana aksi serta penyederhanaan quick win per dimensi smart city yang di diskusikan secara berkelompok sesuai dengan pilar smart city.

Kondisi pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia sangat berdampak pada semua sektor terutama di bidang ekonomi, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk membangun kembali perekonomian masyarakat. Pada pertemuan sebelumnya, Bupati Lombok Timur akan memfokuskan pada “Ekonomi Pasca Pandemi”, diantaranya yang masih bertahan di tengah pandemi ini yakni Pertanian dan UMKM, sehingga harapannya melalui smart city ini dapat berinovasi secara smart melalui program unggulan pemda sehingga dapat mengakselerasikan perekonomian masyarakat.

  • Rabu, 22 September 2021 - 20:51:48 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya