Sosialisasi Perbup SID Di Kabupaten Lotim

  • Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:03:52 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Sosialisasi Perbup SID Di Kabupaten Lotim

Selong - Sebagai tindak lanjut telah diterbitkannya Peraturan Bupati No. 21 Tahun 2021 tentang Sistem Informasi Desa di Kabupaten Lombok Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur dengan difasilitasi oleh lembaga KOMPAK NTB menggelar Sosialisasi Perbup SID secara virtual pada Kamis Pagi, (14/10).

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, M. Hairi sekaligus sebagai narasumber yang menyampaikan materi tentang dukungan Pemda Kabupaten Lombok Timur khususnya Dinas PMD dalam pengembangan SID di desa. Terlebih SID mempunyai sejumlah manfaat diantaranya memberi layanan dan pengolahan informasi yang lebih efektif, efisien, transparan dan akuntabel. Masyarakat juga lebih cepat mendapatkan akses informasi tentang desa sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

Selain itu SID juga diharapkan dapat berperan untuk memberikan kontribusi besar dalam pengelolaan dan penyediaan data dan informasi di tingkat desa serta dapat menjadi basis data dalam menunjang Lombok Timur satu data.

Sejumlah strategi yang dilakukan berupa peningkatan kapasitas perangkat desa terutama operator SID, memasukkan dalam kewenangan lokal berskala desa, dukungan penganggaran melalui APBDesa, menjalin kemitraan dengan FORSID serta dengan KOMPAK.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Ahmad Masfu’ menyampaikan paparan teknis sejumlah pasal yang menjadi kewenangan Dinas Kominfo dan Persandian. Dijelaskannya untuk mendukung pelaksanaan Perbup SID, Dinas Kominfo telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi sejumlah permasalahan yang menjadi kendala Pemerintah Desa selama ini seperti jaringan internet yang belum merata melalui program Internet Desa Pintar yang tahap awal dibangun tahun 2020 dan akan dilakukan pembenahan dengan menjalin kerjasama dengan vendor untuk penyediaan bandwidth. Demikian juga untuk integrasi data, pada tahun 2021 ini dibangun infrastruktur TIK yakni Data Center, Command Center, jaringan Fiber Optik sepanjang 28km yang menghubungkan ke seluruh OPD, Al-CCTV berbasis intelligence dan Big Data.

Sedangkan untuk mengatasi permaslaahan blank spot maupun bad signal jaringan internet yang terjadi di sejumlah desa, Dinas Kominfo dan Persandian juga berupaya untuk mendapatkan bantuan internet Via Satelit (Vsat) dari BAKTI Kementerian Kominfo RI.

Sebagai pembuka Provincial Manager KOMPAK NTB, L Anja memberikan apresiasi kepada apresiasi kepada Dinas PMD, Dinas Kominfo dan Persandian, serta Bagian Hukum Setda Kabupaten Lombok Timur yang telah merampungkan Perbup SID sebagai Kabupaten pertama di NTB yang memiliki Perbub tentang SID. Diharapkan SID akan meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran di desa, termasuk memberikan kemudahan bagi BAPPENAS dalam melakukan survei.

Sosialisasi yang diikuti oleh perwakilan sejumlah OPD terkait, Camat, Lurah, FORSID, Kepala Desa dan Operator SID Se-KAbupaten Lombok Timur mendapat atensi cukup tinggi dari peserta terlihat dari antusiasme dalam menyampaikan pertanyaan maupun saran tentang Perbup SID serta pelaksanaannya nanti di Desa.

Hadir juga secara virtual narasumber dari bagian Hukum Setda Kab Lotim, Suherman dan Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, Lukman Nul Hakim.

  • Kamis, 14 Oktober 2021 - 16:03:52 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya