Edukasi Masyarakat Pentingnya Kesehatan Jiwa

  • Sabtu, 23 Oktober 2021 - 21:31:32 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Edukasi Masyarakat Pentingnya Kesehatan Jiwa

Selong – Di masa pandemi saat ini tidak hanya daya tahan tubuh saja yang perlu perhatian lebih, namun kesehatan jiwa juga perlu perhatian khusus dari masyarakat. Terlebih lagi untuk diri sendiri, jangan sampai kesehatan mental terganggu akibat stres berlebih yang berujung depresi berkelanjutan bagi penderitanya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan jiwa, diperlukannya edukasi kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan mental pada dirinya.

Dalam rangka memperingati hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober lalu, RSUD Dr. R. Soedjono Selong menggelar acara penyuluhan bagi masyarakat umum dan pasien Poliklinik Jiwa yang dilaksanakan pada Sabtu Pagi, (23/10) di Pelataran Poliklinik RSUD Dr. R. Soedjono Selong.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur RSUD Dr. R. Soedjono Selong, dr. M. Tantowi Jauhari, Sp.B., Dokter-Dokter Manajemen dan Karyawan-Karyawati RSUD Dr. R. Soedjono Selong serta pasien dari Poliklinik Jiwa RSUD Dr. R. Soedjono Selong.

Mengusung tema "Kesetaraan Dalam Kesehatan Jiwa Untuk Semua", dr. Febriana Puspita Adji, Sp.KJ., menyampaikan beberapa edukasi kepada peserta penyuluhan terkait strategi dalam mengurangi stres di masa pandemi covid-19 yang masih belum mereda hingga saat ini.

Dalam penyampaiannya juga,  prioritas perawatan untuk diri sendiri (self care) sangat penting dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, cara mengurangi stres juga diperlukannya relasi sosial positif, membantu orang lain, aktivitas fisik, back to nature, mindfullness meditation (meditasi diri), afirmasi positif, pendekatan spiritualisme, membatasi informasi, batasi penggunaan media sosial, menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan serta mencari dukungan tenaga profesional.

Selain melaksanakan penyuluhan kepada pasien Poliklinik Jiwa, kegiatan vaksinasi juga diadakan untuk pasien Poliklinik Jiwa dan Nakes RSUD Dr. R. Soedjono Selong dengan jumlah sasaran sebanyak 65 dosis.

  • Sabtu, 23 Oktober 2021 - 21:31:32 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya