Tuntaskan Bansos Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Lotim

  • Senin, 25 Oktober 2021 - 21:09:56 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Tuntaskan Bansos Tepat Sasaran Untuk Masyarakat Lotim

Selong – Dalam menuntaskan distribusi dana bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu di Lombok Timur, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggelar rapat koordinasi dan evaluasi program sembako PKH dan BPNT di ruang Rapat Bupati Lombok Timur pada Senin Pagi, (25/10).

Rapat ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Sosial RI. Dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, ditemukan beberapa keluarga sejahtera yang belum menerima bantuan program sembako.

Dari data yang disampaikan oleh Pimpinan Cabang BRI Selong, menyampaikan bahwa terkait data bantuan PKH untuk masyarakat Lombok Timur sudah terdistribusi 100%. Untuk bantuan sembako lainnya, dari 139.187 KPM yang sudah melakukan transaksi, ada sekitar 7327 KPM yang tidak bertransaksi.

Pada tahun 2020 sekitar 47 Miliar dana bantuan sembako dikembalikan ke Kas Negara. Hal itu dikarenakan KPM meninggal dunia, bekerja sebagai TKI di luar negri, pindah daerah, dibawah umur, mengalami sakit kejiwaan dan ada beberapa yang belum melengkapi berkas administrasi serta KPM dikategorikan sudah mampu.

Sekretaris Daerah Lombok Timur, Drs. H. Muhammad Juani Taofiq, M.AP., menyampaikan bahwa perlunya pembentukan Satgas Percepatan distribusi dana bantuan sembako untuk masyarakat yang terintegrasi tidak hanya dari pemerintah daerah saja, akan tetapi melibatkan Kodim, Polres dan Stakeholder terkait untuk mengambil langkah-langkah percepatan penyaluran dana bantuan sembako. Pemda mengusahakan dalam kurun waktu beberapa hari kedepan sampai tanggal 31 Oktober 2021 sebagai batas akhir penyaluran tahap pertama, semua dana bantuan sembako tersebut dapat terdistribusikan.

Dalam sambutanya, Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy meminta kepada seluruh Kepala Desa agar lebih berperan aktif karena seluruh data terkait sasaran penerima bantuan sosial, hingga data sejauh mana pendistribusian dana bantuan sembako tersebut adanya di pemerintah desa.

Untuk itu harapan besar Bupati Lombok Timur agar pendistribusian dana bantuan sembako untuk masyarakat kurang mampu tepat sasaran dan memang berhak menerima bantuan tersebut sehingga tidak ada lagi pengembalian dana ke Kas Negara dalam jumlah besar.

  • Senin, 25 Oktober 2021 - 21:09:56 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya