Syarat Izin Rekomendasi Menara Telekomunikasi di Lombok Timur

  • Selasa, 11 Januari 2022 - 15:46:48 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Syarat Izin Rekomendasi Menara Telekomunikasi di Lombok Timur

Pesatnya perkembangan zaman saat ini, meningkatkan kebutuhan masyarakat akan jasa telekomunikasi dalam memenuhi kebutuhan informasi maupun aktivitas lainnya. Hal tersebut berdampak pada penyediaan layanan komunikasi yang meningkat dengan memperluas cakupan area dengan mendirikan menara telekomunikasi. Kini jaringan telekomunikasi di Indonesia semakin hari selalu berkembang sehingga komunikasi jarak jauh kini dapat dijangkau hingga daerah pelosok.

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor : 02/PER/M.KOMINFO/3/2008 Tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Menara Bersama Telekomunikasi, Menara telekomunikasi atau kerap dipanggil “tower” adalah bangunan khusus yang berfungsi sebagai sarana penunjang untuk menempatkan peralatan telekomunikasi yang desain atau bentuk konstruksinya disesuaikan dengan keperluan penyelenggaraan telekomunikasi. Sedangkan telekomunikasi dapat diartikan sebagai setiap pemancaran, pengiriman dan/atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio atau sistem elektromagnetik lainnya.

Pentingnya keberadaan akses telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mendorong beberapa penyediaan menara di beberapa daerah. Tentunya dalam mendirikan suatu menara telekomunikasi di suatu daerah, khususnya di Kabupaten Lombok Timur, ada beberapa persyaratan izin rekomendasi menara telekomunikasi yang harus dipenuhi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Mengajukan permohonan kepada Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur, disertai lokasi menara :
  1. Nama lokasi/alamat lokasi menara
  2. Tinggi menara
  3. Koordinat menara
  4. Untuk kepentingan apa
  5. Tipe menara
  1. Lampiran yang harus dipenuhi :
  1. Berita acara negosiasi (BAN) sewa lahan
  2. Berita acara kesepakatan (BAK)
  3. Denah lokasi
  4. Surat persetujuan warga dalam radius kurang lebih 25 meter
  5. Bukti penerima pemberitahuan persetujuan warga dalam radius
  6. Surat rekomendasi desa
  7. Surat tanah

  • Selasa, 11 Januari 2022 - 15:46:48 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya