LAPORBUP! Siap Tampung Aspirasi Masyarakat Lotim

  • Selasa, 01 Februari 2022 - 09:59:33 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
LAPORBUP! Siap Tampung Aspirasi Masyarakat Lotim

Pesatnya kemajuan teknologi informasi dari tahun ke tahun, menggerakkan  pemerintahan Daerah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanannya untuk masyarakat. Layanan Pengaduan Masyarakat merupakan bentuk partisipasi masyarakat untuk ikut berperan dalam membangun lingkungannya dan sebagai bentuk pengawasan terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Laporan yang masuk dapat digunakan sebagai masukan, saran ataupun kritik dari masyarakat  untuk mengevaluasi kebijakan, peraturan yang telah dibuat maupun kinerja dari perangkat daerah. Dari layanan tersebut, pemerintah dapat mengetahui masalah dari masyarakat secara efektif, cepat dan up to date serta dapat langsung memberikan solusi dan jalan keluar untuk memecahkan persoalan masyarakat.

Salah satu aplikasi atau website yang menangani terkait aspirasi dan pengaduan masyarakat berbasis online yakni LAPORBUP. LAPORBUP atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Masyarakat yang dikembangkan oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur merupakan sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis website yang mudah diakses oleh masyarakat dan terpadu dengan bidang atau OPD, Kecamatan serta Puskesmas di Kabupaten Lombok Timur.

Hadirnya LAPORBUP di tengah-tengah masyarakat Lombok Timur sebagai wujud perhatian Pemerintah Daerah dalam meningkatkan partisipasi dan dirancang untuk menjembatani masyarakat berinteraksi dengan pemerintah dalam rangka pengawasan program dan tentunya kinerja pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pembangunan serta pelayanan publik

Adapun Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam mengajukan aspirasi dan pengaduan masyarakat melalui website LAPORBUP diantaranya :

  1. Masyarakat dapat mengirim pengaduan melalui alamat website LAPORBUP laporbup.lomboktimur.go.id
  2. Pengaduan akan diterima oleh Admin LAPORBUP dan memverifikasi aduan yang telah dilaporkan
  3. Aduan yang sudah terverifikasi oleh admin, kemudian aduan tersebut akan diteruskan ke admin Bupati Lombok Timur
  4. Aduan yang telah direvisi dari admin Bupati akan diterima oleh Ajudan Bupati Lombok Timur
  5. Kemudian aduan tersebut di disposisi ke OPD/Instansi terkait, lalu laporan yang telah di ajukan oleh masyarakat akan di proses.
  6. Masyarakat yang telah mengajukan aduan tinggal menerima informasi tindak lanjut dari aduan yang telah di proses.

Selain secara online, masyarakat juga dapat melaporkan pengaduan secara offline di Kantor PPID Utama. Untuk informasi selengkapnya, Semetonkom dapat langsung ke Kantor PPID Utama di Gedung Kantor Bupati, Lantai 4 Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur (Ruang Bidang Opini).

  • Selasa, 01 Februari 2022 - 09:59:33 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya