Pemda Gelar Rakor Percepatan Peningkatan IPM

  • Jumat, 11 Februari 2022 - 06:04:49 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pemda Gelar Rakor Percepatan Peningkatan IPM

Selong – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengadakan Rapat Teknis Koordinasi Tim Percepatan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berlangsung di ruang Rupatama 1 Kantor Bupati Lombok Timur pada Kamis Pagi, (10/02).

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Pembangunan Daerah, Hj. Baiq Miftahul Wasli SE., M.Si., dalam hal ini mewakili Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, didampingi juga oleh Kepala Badan Pusat Statistik, Ir. Lalu Putradi dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Achmad Dewanto Hadi S.T., M.T. turut hadir juga Pimpinan OPD, Lembaga non Pemerintah, staf ahli dan staf khusus di lingkungan Pemkab Lombok Timur.

Rakor yang semula diadakan pada akhir tahun lalu, namun akibat terkendala teknis sehingga rapat teknis ini dapat dilaksanakan pada tahun ini.

Adapun tujuan rapat  ini dilaksanakan untuk meningkatkan IPM tersebut membahas 3 dimensi yang menjadi dasar percepatan peningkatan IPM. Dimensi yang dimaksud yakni, dimensi umur Panjang dan hidup sehat yang meliputi usia harapan hidup saat lahir, dimensi pengetahuan meliputi harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, serta dimensi hidup layak meliputi pengeluaran perkapita per tahun yang disesuaikan.

Kepala Bappeda juga menjelaskan bahwa capaian IPM tahun 2021 seiktar 66,66%, sementara tahun 2020 capaian IPM sekitar 66,30% artinya ada peningkatan 0,54 % di tahun 2021. Sementara untuk target capaian IPM di tahun 2022 adalah 68,46% dan tahun 2023 adalah 69,26%.

Kepala badan pusat statistik menambahkan jika tiga dari empat komponen IPM di Kabupaten Lombok Timur pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pertumbuhan IPM di NTB. Satu-satunya yang komponen berada di bawah NTB adalah harapan lama sekolah.

Adapun alokasi Dana APBD untuk perpecatan peningkatan IPM adalah 18% untuk pengeluaran perkapita pertahun, 33% untuk pendidikan, dan 49 persen untuk kesehatan.

  • Jumat, 11 Februari 2022 - 06:04:49 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya