Tingkatkan Pemahaman Pentingnya Donor dan Transfusi Darah

  • Rabu, 16 Maret 2022 - 19:28:08 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Tingkatkan Pemahaman Pentingnya Donor dan Transfusi Darah

Selong – Dalam rangkat meningkatkan pemahaman akan pentingnya donor dan transfusi darah kepada nakes, Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Dr. R. Soedjono Selong mengadakan simposium atau sosialisasi donor dan transfusi darah memperingati hari jadi yang pertama bertempat di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur pada Rabu Pagi, (16/03).

Acara tersebut menghadirkan Dr. Resna Hermawati, Sp. PK(K) sebagai pembicara yg sekaligus merupakan kepala Unit Transfusi Darah RSUD Dr. R. Soedjono Selong.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Resna memaparkan beberapa hal terkait donor dan transfusi darah, diantaranya syarat sebagai pendonor, manfaat mendonor darah, risiko, alur pelayanan transfusi darah yang meliputi proses seperti pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan uji saring, dan pemeriksaan uji cocok serasi.

Dr. Resna mengatakan, pendonor tidak bisa begitu saja mendonorkan darahnya, melainkan harus memenuhi beberapa syarat seperti harus sehat fisik dan rohani, memiliki berat badan minimal 45kg, berusia 17-60 tahun, memiliki tekanan darah pada sistole kisaran 100-160, dan diastole pada kisaran 60-90, serta memiliki HB 12.5-17 mg/dL.

Menurut Dr. Resna, donor darah memiliki beberapa manfaat, diantaranya terbebas dari shock, oksigenasi menjadi lebih baik, mempercepat penyembuhan luka dan lain sebaginya.

Sementara itu, Koordinator UTD Mudrikah Hayati, Amd.AK menjelaskan kebutuhan darah di UTD setiap bulannya berkisar antara 600-700 kantong yang terdiri dari Whole Blood (WB) Package Red Cel (PRC), Trombocit (TC). Kasus yang biasa banyak membutuhkan darah adalah pasien yang menderita leukimia, talasemia, dan anemia.

Ia juga mengatakan jika donor darah rutin diadakan setiap 2 kali seminggu ke berbagai puskesmas dan desa-desa yang ada di Lombok timur.

Sebelumnya UTD RSUD Dr. R. Soedjono Selong juga mengadakan sosialisasi donor darah untuk masyarakat awam pada (14/03) dan donor darah massal pada (15/03) yang dilaksanakan di UTD RSUD Dr. R. Soedjono Selong sebagai rangkaian dari peringatan hari jadi UTD ke-1.

  • Rabu, 16 Maret 2022 - 19:28:08 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya