20 UMKM Lotim Terima Bantuan Program ACTION

  • Kamis, 02 Juni 2022 - 20:59:40 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
20 UMKM Lotim Terima Bantuan Program ACTION

Selong - Sejak tahun lalu Kabupaten Lombok Timur menjadi salah satu dari 5 Kabupaten/ Kota yang terpilih sebagai lokasi penerapan program Active Citizen Bulding Solidarity And Resilince In Response Covid-19 (ACTION) dalam rangka pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) sebagai salah satu anggota konsorsium dari Uni Eropa.

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi SJ yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Timur, Lalu Alwan Wijaya menyampaikan apresiasi terhadap program ACTION dalam acara penyerahan bantuan secara simbolis kepada 100 UMKM. Mengingat UMKM di Kabupaten Lombok Timur sejak pandemi COVID-19 mengalami kerugian. Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dengan keterbatasan anggaran melakukan berbagai upaya membantu pemulihan ekonomi masyarakat UMKM, sehingga UMKM dapat bertahan dan tetap bisa menjalankan usahanya.

Dalam cara yang bertempat di Rupatama 1  pada Kamis Pagi, (02/06) tersebut dikatakan, Tahun ini Pemda Lombok Timur telah menggelontorkan dana sebesar 1 Miliar melalui program Lombok Timur Berantas Rentenir Melalui Kredit Tanpa Bunga (LOTIM BERKEMBANG) yang merupakan program unggulan percepatan pemulihan ekonomi khusunya untuk Usaha kecil.

Dengan bantuan berupa peralatan dan bahan baku produksi dari program ACTION Uni Eropa melalui PUPUK ini, tentu diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi serta memulihkan pergerakan ekonomi UMKM di Lombok Timur sehingga UMKM dapat bersaing di kancah nasional.

Senada dengan Sekdis Perindustrian Kabupaten Lombok Timur, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki yang hadir secara virtual juga memberikan apresiasi penuh terhadap PUPUK dalam program Action yang membantu meningkatkan kesejahteraan UMKM. Pemerintah telah melakukan upaya untuk mendorong perkembangan dan me-recovery UMKM yang gulung tikar.

Dikatakannya pula kedepan UMKM dapat menjadi tulang punggung perekonomian, oleh karena itu diharapkan pendamping UMKM seperti PUPUK dapat memberikan bimbingan terhadap UMKM untuk menyediakan kebutuhan pemerintah

Sementara itu Ketua Pengurus PUPUK, Rita Ratnasari mengatakan bantuan secara simbolis yang diberikan kepada 100 UMKM di 5 Kabupaten/Kota diantaranya Lombok Timur, Jakarta Timur, Bogor, Yogyakarta dan Makassar ini merupakan langkah awal pergerakan untuk pengembangan UMKM di daerah selanjutnya dengan harapan dapat dikembangkan oleh pihak terkait di daerah masing-masing.

Field officer PUPUK Kabupaten Lombok Timur, Madiana menambahkan dari 100 UMKM yang diberikan bantuan, Lombok Timur mendapatkan kuota untuk 20 UMKM. Namun begitu pendampingan yang diberikan tidak terbatas untuk 20 orang saja.

Selain memberi bantuan berupa alat dan bahan baku produksi, PUPUK juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas UMKM, seperti pelatihan untuk menerapkan manajemen usaha dalam bussiness plan, literasi keuangan hingga digital marketing dengan memanfaatkan media sosial sehingga memudahkan para pelaku UMKM dalam memasarkan produk mereka.

Acara yang di gelar secara daring dan luring tersebut, dihadiri seluruh Kepala Daerah serta penerima manfaat di masing-masing Kabupaten/ Kota serta anggota konsorsium lainnya seperti Institut Kapal Perempuan, Hivos, Cisdi, Sapda, dan Pamflet.

  • Kamis, 02 Juni 2022 - 20:59:40 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya