Tingkatkan Pemahaman Melalui Literasi Pengelolaan Keuangan

  • Jumat, 10 Juni 2022 - 01:36:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Tingkatkan Pemahaman Melalui Literasi Pengelolaan Keuangan

Selong – Sebagai upaya dalam meningkatkan pemahaman, kesejahteraan masyarakat, terlebih lagi terkait perlindungan konsumen, peningkatan inklusi keuangan hingga pemberdayaan masyarakat, diperlukannya literasi keuangan yang dinilai sangat penting untuk masyarakat. Acara literasi yang merupakan kolaborasi antara Bank NTB Syariah, Pengurus Wilayah Muslimat Nahdlatul Ulama Provinsi NTB dan BPJS Ketenagakerjaan tersebut sangat di apresiasi oleh Wakil Bupati Lombok Timur H. Rumaksi SJ yang disampaikan saat membuka acara literasi keuangan syariah dan pelatihan UMKM bagi penerus, anggota dan UMKM Binaan Muslimat Nahdlatul Ulama Provinsi NTB yang diselenggarakan di Ballroom Kantor Bupati pada Kamis Pagi, (09/06).

Wabup dalam sambutannya menilai bahwa kurangnya pemahaman masyarakat akan produk maupun layanan jasa keuangan yang ditawarkan kepada masyarakat oleh Lembaga Jasa Keuangan Formal sehingga diperlukannya literasi dalam meningkatkan pemahaman tersebut.

Melihat penomena yang kerap kali dalam masyarakat, terlebih lagi bagi ibu-ibu yang mudah tergiur oleh investasi bodong dengan iming-iming keuntungan yang berlipat ganda, dalam hal ini Wabup menyoroti terkait perkembangan teknologi di sektor keuangan harus diimbangi dengan peningkatan keterampilan dan kemampuan dalam mengelola uang sehingga masyarakat tidak mudah terjebak akibat dari perbedaan sistem keuangan yang diterapkan.

Wabup juga menyampaikan bahwa kegiatan literasi ini sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam meningkatkan kinerja bagi pelaku UMKM di Lombok Timur.

Pemerintah Daerah sendiri menaruh perhatian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan berupa pinjaman modal kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, Wabup menegaskan hal itu dilakukan karna kerap kali bantuan yang diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma, hanya sebatas digunakan untuk memenuhi kebutuhan saja jarang yang menggunakannya untuk mengembangkan usahanya sendiri.

Dengan terselenggaranya literasi dan pelatihan ini, Wabup berpesan agar para peserta dapat mengikuti dan memahami penyampaian materi yang akan disampaikan agar dapat mengembangkan keterampilannya dengan sungguh-sungguh sehingga ekonomi lebih membaik lagi untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

  • Jumat, 10 Juni 2022 - 01:36:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya