Wujudkan Kabupaten Layak Anak di Lotim

  • Rabu, 22 Juni 2022 - 07:22:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Wujudkan Kabupaten Layak Anak di Lotim

Selong – Dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Kabupaten Lombok Timur, tentu tidak hanya berasal dari dukungan NGO saja, keterlibatan OPD terkait juga sangat penting dalam mendukung keberhasilan Lombok Timur sebagai Kabupaten Layak Anak.

Rapat yang dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung di ruang Rapat Bappeda Kantor Bupati pada Selasa Pagi, (21/06) diikuti oleh Kepala OPD terkait serta perwakilan Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI) NTB.

Dari hasil evaluasi KLA yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), dimana dalam proses evaluasi tersebut Lombok Timur berstatus pratama. Dalam hal ini Kepala Bappeda Kabupaten Lombok Timur, Hj. Baiq Miftahul Wasli bersama pimpinan OPD yang berkesempatan hadir berkomitmen menggiring Lombok Timur menjadi Kabupaten Layak Anak.

Selain itu Kepala Bappeda juga menyampaikan bahwa kerjasama yang baik antar internal Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur terutama OPD terkait penting dilakukan sehingga kedepannya dapat meningkatkan peringkat Lombok Timur yang sebelumnya berstatus pratama menjadi tingkat yang lebih lanjut lagi.

Ditempat yang sama Kepala DP3AKB H. Ahmat A menyampaikan Lombok Timur memiliki modal dalam menjadikan statusnya dari pratama menjadi madya maupun utama yakni dengan melengkapi beberapa dokumen.

Disebut juga pentingnya peran OPD terkait dalam mendukung Lombok Timur sebagai KLA seperti pada Dinas Sosial harus memastikan apakah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) sudah memenuhi standar. Selain itu, ketersediaan sekolah ramah anak, ketersediaan dan peningkatan kualitas perpustakaan baik itu di sekolah maupun di desa sehingga anak merasa aman dan nyaman serta menyiapkan ruang ramah anak di setiap Puskesmas.

Dalam kesempatan tersebut Yayasan Tunas Alam Indonesia (SANTAI) NTB melalui program KESEMPATAN (Kemitraan Strategi Untuk Menanggulangi Pekerja Anak Pertanian) diharapkan dapat memastikan anak-anak di wilayah pertanian dapat tumbuh kembang dan mendapatkan perlindungan secara optimal, terutama terkait pencegahan dan penanggulangan pekerja anak di sektor pertanian.

Dari 5 (lima) Desa Layak Anak binaan SANTAI NTB diantaranya Pandan Wangi, Wakan, Sukaraja, Borok Toyang dan Boyemare, dapat menyebar ke setiap desa lainnya sehingga diharapkan kedepannya semua desa/kelurahan di Lombok Timur bisa menjadi Desa Layak Anak dan dapat mengantarkan Lombok Timur menuju Kabupaten Layak Anak.

  • Rabu, 22 Juni 2022 - 07:22:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya