Ditandai Dengan Pemukulan Beduk, MTQ Resmi Di Buka

  • Jumat, 01 Juli 2022 - 13:50:28 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Ditandai Dengan Pemukulan Beduk, MTQ Resmi Di Buka

Selong - Musabaqqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat resmi di buka tadi malam (30/06) di Arena Utama MTQ Lapangan Gotong Royong Masbagik. Sebanyak 1.500 undangan menghadiri opening ceremony salah satu perhelatan akbar di NTB tersebut.

Opening ceremony tersebut di mulai dengan penampilan drama tari kolosal peradaban Islam di Nusa Tenggara Barat dengan beduk sebagai alat musik yang merupakan alat tradisional yang digunakan sebagai penanda masuknya waktu sholat, serta properti tari yang menggunakan kain tenun khas Lombok ditampilkan oleh siswa-siswi SMP di Kabupaten Lombok Timur binaan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Lombok Timur.

Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Qori Internasional H. Awaludin juara 3 Kuala Lumpur tahun 2016 dan Ustadz Aburrahman Qori Internasional juara 1 di Iran tahun 2006.

Gubernur dalam sambutannya menegaskan dalam kesempatan tersebut tidak boleh ada kecurangan, menjadi juara MTQ tidak ada gunanya jika dengan kecurangan dan ketidak benaran. Dengan adanya acraa MTQ ini, diharapkan tidak hanya pandai melantunkan Al-Qur’an akan tetapi juga lantunan ayat suci akan mengahsilkan jiwa yang lapang melahirkan keteladanan.

Sebelumnya Gubernur membuka MTQ ke XXIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat terlebih dahulu dan mengukuhkan Dewan Hakim sejumlah 77 orang yang akan menjadi juri dalam kompetisi ini.

Bupati dalam sambutannya mengatakan ada 6 kegiatan yang menjadi sorotan pada MTQ kali ini, yakni malam ta’aruf, pawai ta’aruf, opening ceremony, kegiatan musabaqqah, rapat pleno, dan penutupan.

Juga menyampaikan ucapan terimakasih khususnya pada Bupati Lombok Tengah yang telah menyertakan 1.500 ASN-nya untuk meramaikan pawai ta’aruf dan memimpin langsung kontingennya dalam pawai tersebut.

Bupati pun mengucapkan selamat berkompetisi untuk para kontingen yang akan bertanding nantinya pada hari Jum’at (01/06) s/d usai acara. Bupati berpesan agar para kontingen berikhtiar untuk menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi yang selanjutnya akan mewakili NTB di MTQ Tingkat Nasional dengan harapan acara MTQ ini berjalan lancar serta mampu menggugah masyarakat untuk membaca, memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

Acara di akhiri dengan pemukulan beduk oleh Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur serta di dampingi Bupati/Walikota dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB sebagai tanda di bukanya acara MTQ secara resmi.

  • Jumat, 01 Juli 2022 - 13:50:28 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya