Desa Montong Betok Wakili Lotim Di Lomba Desa Tingkat Provinsi

  • Senin, 11 Juli 2022 - 20:39:20 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Desa Montong Betok Wakili Lotim Di Lomba Desa Tingkat Provinsi

Selong - Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading mewakili Lombok Timur dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy saat menghadiri acara penilaian lomba desa di Kantor Desa Montong Betok yang berlangsung Senin Pagi, (11/07) menilai desa tersebut merupakan desa yang memliki hubungan harmonis antara pemerintah desa dengan lembaga serta masyarakat desa.

Hal tersebut ungkap Bupati Lombok Timur dapat mengembangkan potensi-potensi yang terdapat di desa. Lebih lanjut Bupati mengatakan Desa Montong Betok merupakan salah satu desa yang pemberdayaan masyarakatnya baik, terbukti desa tersebut merupakan 1 dari 10 desa yang memiliki sekolah perempuan. Selain itu Bupati berharap kedepannya Desa Montong Betok melalui Bumdes memiliki Bumdesmart dalam memaksimalkan potensi desa.

Disamping itu, Bupati menyebut Desa Montong Betok juga memiliki banyak budayawan, pertunjukan teater tradisional Lombok yakni cupak gerantang tertua terdapat di desa tersebut, selain alat musik tradisional yang mainkan secara berkelompok seperti gendang belek dan kelenang juga ada.

Bupati berharap tim penilai dapat menyempurnakan kekurangan yang terdapat di desa tersebut, sehingga pemerintah desa dapat memperbaiki sarana yang belum optimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil  (DPMD DUKCAPIL) Provinsi NTB H. Ashari Selaku ketua tim penilai lomba desa mengatakan tujuan dari diadakannya lomba desa ini adalah untuk mengevaluasi tugas dan fungsi pemerintah desa dari aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Adapun kriteria penialaian lomba desa meliputi bidang kesehatan, pendidikan, kebersihan lingkungan, keamanan, serta pemberdayaan masyarakat.

Ia juga menyebut Lombok Timur memiliki capaian desa mandiri yang paling tinggi yakni sekitar 19 desa, diharapkan di tahun berikutnya capaian desa mandiri semakin bertambah di Lombok Timur khusunya dan NTB pada umunya. Hal tersebut sejalan dengan tagline pemerintah yakni membangun dan melawan kemiskinan dari desa. Hal tersebut menurutnya memiliki konsep yang sederhana yakni, komitmen, konsistensi, regulasi dan implementasi.

Tak hanya itu, terkait pembiayaan desa, Bumdes diharapkan dapat menjadi sumber pendanaan bagi masyarakat desa, sehingga masyarakat tak perlu berurusan dengan pihak luar demi kesejahteraan. Ia juga mengingatkan pada tim penilai, untuk melakukan penilaian secara objektif dan sportif.

  • Senin, 11 Juli 2022 - 20:39:20 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya