Gelar Sosialisasi E-Katalog Lokal Di Kalangan Pelaku UMKM Lotim

  • Selasa, 19 Juli 2022 - 21:38:23 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Gelar Sosialisasi E-Katalog Lokal Di Kalangan Pelaku UMKM Lotim

Selong - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam hal ini bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur bekerjasama dengan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekertariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat melaksanakan sosialisasi percepatan E-Katalog Lokal dan On Boarding Katalog Lokal pada Selasa Pagi, (19/07). Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik, Kepala Biro Pengadaan dan Jasa Setda Provinsi NTB, Asisten 2 Perekonomian Setda Kabupaten Lombok Timur, serta sejumlah Kepala OPD terkait serta pelaku UMKM.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juani Taofik pada acara yang berlangsung di Rupatama 1 tersebut mengatakan bahwa ekonomi Lombok Timur sudah mulai berkembang dari tahun ke tahun sehingga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tetap dalam kondisi stabil dan Lombok Timur saat ini menjadi daerah dengan penyerapan Dana Alokasi Khusus (DAK) terbaik di Nasional dari 514 Kota/Kabupaten yakni mecancapai 98%. Sekda juga menyampaikan terimakasih kepada semua jajaran yang turut berperan dalam pengembangan APBD.

Meski demikian, Sekda Juani mengingatkan agar semua pihak terkait terus meningkatkan kinerja dengan mengikuti perkembangan dan standar yang telah ditetapkan, salah satunya adalah transformasi dari manual ke digital. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden No. 12 Tahun 2021 tentang pengadaan barang dan jasa untuk pemerintah yang harus melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM). Karenanya acara sosialisasi ini di anggap penting guna meningkatkan pemahaman serta keterampilan para pelaku UMKM dalam pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog.

Dinas terkait seperti Dinas Perindustrian serta Dinas Koperasi dan UMKM juga diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada UMKM dalam pengadaan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan pemerintah.

Sementara itu, Samsul Jayadi selaku Pengelola LPSE NTB menerangkan banyak pilihan yang disediakan dalam E-Katalog. E-Katalog memberikan harga yang terjangkau bagi kalangan masyarakat dan pengelolannya pun cukup mudah hanya perlu login ke link E-Katalog, selanjutnya melengkapi data dan menjual produk di E-Katalog. Iapun menjelaskan skema pendaftaran LPSE dan input Sikap.

  • Selasa, 19 Juli 2022 - 21:38:23 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya