Teken MoU Dengan BSSN, Pemda Lotim Siap Terapkan Sertifikat Elektronik

  • Rabu, 20 Juli 2022 - 20:52:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Teken MoU Dengan BSSN, Pemda Lotim Siap Terapkan Sertifikat Elektronik

Selong - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesia terkait sertifikat elektronik guna mendukung transformasi digital dengan menerapkan sertifikat elektronik di Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung di Kantor Balai Sertifikat Elektronik, Badan Siber dan Sandi Negara (BSrE BSSN) Sawangan Depok, Jawa Barat pada Rabu Paagi (20/07).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy di dampingi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Lombok Timur Dr. Fauzan, M.Pd.

Selain Kabupaten Lombok Timur, perjanjian tersebut juga turut di tandatangani oleh 15 Kabupaten/Kota di Indonesia, diantaranya Pemerintah Kota Mabagu, Kota Gorontalo, Kota Pasuruan, Kota Palembang, Kota Bandung, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Aceh Jaya, serta Kabupaten Gunung Mas.

Pada acara yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BSSN tersebut, Plt. Sekertaris Utama BSSN Y. B. Susilo Wibowo yang mewakili kepala BSSN mengatakan pemerintah berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sehingga Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai bentuk transformasi digital adalah suatu hal yang harus dilaksanakan oleh setiap institusi pemerintah. Hal tersebut sebagai bentuk tindaklanjut atas Peraturan Presiden No.95 Tahun 2018 tentang SPBE.

Namun begitu, ia menekankan kemudahan yang di dapat dari transformasi digital selalu berdampingan dengan ancaman kejahatan siber serta pencurian data, karenanya penerapan sertifikat elektronik sangat diperlukan guna  melindungi dan menjamin keamanan data dan informasi.

Seperti tercantum dalam Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara No. 10 Tahun 2017 tentang penyelenggaran sertifikat elektronik, melalui UPT Balai Sertifikat Elektronik (BSrE) BSSN memberikan layanan sertifikasi elektronik.

Pembentukan BSrE ditujukan untuk memberikan dukungan keamanan informasi dalam pelaksanaan e-government. BSrE juga telah resmi dinyatakan sebagai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik Instansi berdasarkan Surat Keputusan Pengakuan Terdaftar No.936 Tahun 2019 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Y. B. Susilo Wibowo juga mengatakan bahwa Layanan Sertifikasi Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN telah berhasil berkontribusi pada penghematan keuangan negara yang mencapai kurang lebih 1,5 triliun setiap tahun. Angka ini akan terus berkembang seiring perluasan pemanfaatan Layanan Sertifikasi Elektronik BSrE BSSN baik dari aspek penggunanya maupun dari aspek pemanfaatan fungsi Sertifikat Elektronik.

Selain itu ia juga berharap melalui kerjasama antara BSSN dan Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan optimal kepada Pemerintah Daerah dalam hal perlindungan data dan informasi yang di miliki masing-masing Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan transformasi digital dan penerapan SPBE.

Usai itu, acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian oleh seluruh Kepala Dinas Kominfo dari masing-masing Kabupaten/Kota yang hadir di acara tersebut dan di akhiri dengan foto bersama.

  • Rabu, 20 Juli 2022 - 20:52:51 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya