KKN Unram Gandeng DP3AKB Sosialisasikan Pencegahan Stunting

  • Sabtu, 23 Juli 2022 - 19:24:55 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
KKN Unram Gandeng DP3AKB Sosialisasikan Pencegahan Stunting

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram bekerjasama dengan Unit Pelayanan Teknis Daerah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (UPTD DP3AKB) Desa Ketapang Raya, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur dan bidan desa dalam rangka mensosialisasikan pencegahan pernikahan Usia anak sebagai upaya pencegahan stunting khususnya di Desa Ketapang Raya.

Izza Zuliya Rohman selaku Ketua KKN Desa Ketapang Raya mengatakan, hal yang mendasari kegiatan tersebut adalah masih tingginya angka stunting yang disebabkan oleh tingginya angka pernikahan usia anak di Desa Ketapang Raya. Mengingat stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup serius, tentu perlu adanya edukasi-edukasi untuk masyarakat. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Ketapang Raya melakukan sosialisasi. Ia berharap dengan diadakannya sosialisasi ini dapat mengedukasi masyarakat dalam mencegah terjadinya stunting.

Kepala KTU UPTD DP3AKB Kecamatan Keruak H. Muhaimin S.AP pada kegiatan yang berlangsung di Aula Bumdes Desa Ketapang Raya pada 6 Juli lalu menyebut beberapa faktor yang menjadi penyebab pernikahan usia anak, diantaranya adalah faktor ekonomi, lingkungan, dan pendidikan. Di samping itu, stunting merupakan salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya. Ketidakpahaman masyarakat terhadap stunting ini menyebabkan tidak jarang masyarakat menganggap kondisi tubuh pendek merupakan faktor genetika dan tidak ada kaitannya dengan masalah kesehatan.

Senada dengan itu, Bidan Desa Lili Kurniawati, Amd., Keb. menyampaikan stunting merupakan salah satu yang menyebabkan terganggunya motorik otak sehingga memperlambat pemikiran pada anak, ini menjadi ancaman terhadap kualitas masyarakat Indonesia. Terlebih Indonesia memiliki tujuan Indonesia emas pada tahun 2045. Namun jika kualitas masyarakat Indonesia berkurang akibat stunting ini maka harapan Indonesia 2045 hanya akan menjadi harapan semata.

Pemerintah Desa Ketapang Raya mengaperisiasi penuh dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan sosiasiliasi pencegahan pernikahan usia anak sebagai upaya mencegah stunting yang di inisiasi oleh mahasiswa KKN Tematik Unram.

  • Sabtu, 23 Juli 2022 - 19:24:55 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya