TPAKD Lotim Gerak Dorong Perekonomian Masyarakat

  • Rabu, 03 Agustus 2022 - 21:24:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
TPAKD Lotim Gerak Dorong Perekonomian Masyarakat

Selong – Acara webinar dalam rangka optimalisasi peran TPAKD, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik memperkenalkan salah satu program unggulan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lombok Timur dalam mendorong perekonomian masyarakat di Lombok Timur.

Dalam sambutannya, Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah yang telah berinisiatif meningkatkan akses keuangan masyarakat melali berbagai program dari tim TPAKD masing-masing.

Ia menyebut TPAKD sendiri merupakan suatu forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait, untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Sekda yang berkesempatan menjadi narasumber dalam acara webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah tersebut yang di dampingi oleh Tim TPAKD Lombok Timur yang terdiri dari Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala Bapenda, Kabag Ekonomi Setda Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan serta tim TPAKD lainnya di ruang Rapat Bupati pada Rabu Pagi, (03/08).

Sekda menyebut salah satu potensi yang ada di Kabupaten Lombok Timur yakni di sektor pertanian khususnya sub sektor peternakan. Pada awal pembentukan Tim TPAKD pada tahun 2020 lalu memiliki 3 program yakni Klaster Perternakan dengan program Lombok Timur Berkembang, Klaster Koperasi dan UMKM serta Klaster Wisata.

Program Lombok Timur Berkembang telah mendapatkan perhargaan sebagai Kabupaten terbaik kategori inovasi program pengembangan akses keuangan di sektor perternakan. Tentu dengan harapan dapat menurunkan angka kemiskinan di Lombok Timur dengan cara mendorong dan memberikan kemudahan supaya masyarakat khususnya para petani dan peternak agar dapat diberikan akses lebih mudah dan cepat ke lembaga perbankan.

Sekda juga menyebut kunci kesuksesan dari program Lombok Timur Berkembang yakni dengan adanya pendampingan proses dari awal hingga akhir baik yang dilakukan oleh OPD maupun stakeholder terkait.

Selain pemaparan yang dilakukan oleh Sekda mewakili Lombok Timur, Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara juga memaparkan keberhasilan dari tim TPAKD dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di daerahnya yakni melalui program satu siswa satu rekening.

  • Rabu, 03 Agustus 2022 - 21:24:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya