Buka Festival LASQI, Bupati Pesan Seni Harus Sesuai Norma Dan Ajaran Islam

  • Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:48:29 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Buka Festival LASQI, Bupati Pesan Seni Harus Sesuai Norma Dan Ajaran Islam

Selong - Festival Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lombok Timur tahun 2022 resmi di buka oleh Bupati Lombok Timur H. M Sukiman Azmy pada Rabu Pagi (03/08) berlangsung di Halaman Pendopo Wakil Bupati.

Bupati dalam sambutannya mengapresiasi para peserta LASQI. Ia menyebut keberhasilan para kontingen ajang pencarian bakat yang berasal dari Lombok Timur dalam mengangkat nama daerah merupakan suatu prestasi yang membanggakan, termasuk juga LASQI. Dengan adanya festival LASQI  ini, harapan Bupati akan muncul bakat-bakat terpendam dari generasi baru untuk di bina kedepannya agar dapat membawa nama baik Lombok Timur.

Di samping itu, Bupati menyinggung soal keprihatinannya terhadap kesenian masa kini yang melampaui batas norma dan tidak sesuai dengan ajaran islam. Oleh karenanya dalam sambutanya Bupati Sukiman berpesan agar sama-sama menjaga seni yang ditampilkan apapun jenisnya agar sesuai dengan norma dan ajaran islam yang telah ditetapkan.

Bupati menyebut seni dibolehkan menurut islam dengan 5 syarat yakni yang pertama jika mengandung pelajaran dan pendidikan, jika membawa pesan moral, pakaian yang digunakan sopan, tidak mengandung syirik dan yang terakhir tidak mengandung maksiat.

Sementara itu, Ibu Wakil Bupati Lombok Timur H. Khudsiah Rumaksi selaku Ketua LASQI Lombok Timur mengatakan antusiasme para peserta dalam mengikuti festival LASQI begitu luar biasa. seleksi berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 3 s/d 4 Agustus.

Sebanyak 87 peserta dari 20 Kecamatan akan mengikuti seleksi di festival LASQI Lombok Timur tahun ini, selanjutnya pemenang akan di kirim ke festival LASQI tingkat NTB yang akan berlansgung September mendatang di Kabupaten Lombok Tengah. Adapun kategori yang di lombakan ada 3 yakni kategori anak, remaja dan dewasa.

Kedepannya H. Khudsiah berharap LASQI Lombok Timur semakin baik dan menjadi juara tidak hanya di tingkat Provinsi, namun juga tingkat Nasional. Ia pun mengapresiasi seluruh pengurus LASQI Lombok Timur, ia menyebut pengurus LASQI Lombok Timur solid dan kompak dalam menyelengagrakan acara yang di hadiri oleh sejumlah kepala OPD dan para Camat tersebut.

Di sebutnya juga, usai mengikuti lomba LASQI Provinsi, kolaborasi LASQI Lombok Timur akan di berangkatkan ke Medan mengikuti Festival LASQI Nasional.

  • Kamis, 04 Agustus 2022 - 11:48:29 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya