Bupati Tekankan Koordinasi Konsolidasi dan Kolaborasi Tanggulangi Bencana

  • Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:35:05 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Bupati Tekankan Koordinasi Konsolidasi dan Kolaborasi Tanggulangi Bencana

Selong – Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menekankan untuk selalu berkoordinasi, konsolidasi dan koordinasi dalam menanggulangi bencana yang terjadi di beberapa titik wilayah di Kabupaten Lombok Timur akibat cuaca ekstrim. Hal itu disampaikan Bupati pada Apel Gelar Pasukan dalam rangka Siaga Bencana Alam yang berlangsung Selasa Pagi, (18/10) di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur.

Melihat beberapa hari terakhir kondisi cuaca ekstrim seperti tingginya intensitas hujan yang disertai angin kencang, seperti yang dialami oleh Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak yang tertimpa bencana alam angin puting beliung yang mengakibatkan beberapa pemukiman penduduk, fasilitas umum mengalami kerusakan dan masyarakat terdapak bencana tersebut juga mengalami kerugian material.

Dalam sambutannya, Bupati Lombok Timur menyebut bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur telah mengambil langkah-langkah dengan melakukan pembersihan di lokasi terdampak dan melakukan pemotongan pohon-pohon tumbang yang menimpa pemukiman warga serta telah memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak terduga kedepannya, Bupati menyebut Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Pariwisata telah mengeluarkan Surat Edaran terkait penutupan sementara 5 (lima) objek wisata alam dan 6 (enam) objek wisata bahari terhitung sejak 10 Oktober lalu.

Bupati juga mengungkapkan bahwa dari berbagai peristiwa yang telah terjadi, dapat menjadi pedoman Pemerintah Kabupaten Lombok Timur untuk mengedepankan mitigasi bencana atau melaksanakan pencegahan sebelum terjadinya bencana tersebut.

Harapan besar Bupati agar seluruh komponen daerah khususnya yang mengambil andil pada analisis kebencanaan telah melakukan pemetaan pada potensi terjadinya bencana sehingga kedepannya dapat memastikan kesiapsiagaan yang tepat, baik itu berupa kesiapan personil, sistem, peralatan dan ketersediaan bahan pangan dalam menghadapi cuaca ekstrim.

Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta agar dilakukannya sosialisasi terkait mitigasi bencana kepada masyarakat seperti membersihkan selokan, parit maupun sungai, menebangi pohon-pohon yang rawan tumbang, tidak membuang sampah sembarangan, tidak berkunjung ke tempat wisata terutama yang dinyatakan tutup sementara, mewaspadai daerah perbukitan yang berpotensi longsor dan lain-lainnya.

Dalam hal ini, Bupati Lombok Timur menuturkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang turut berkontribusi dalam mengantisipasi bencana yang terjadi di Lombok Timur.

Turut hadir dalam apel pagi tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juani Taofik, jajaran Forkopimda OPD teknis seperti Satpol PP, BPBD, Dinas Sosial, Babinkamtibmas, Danramil, Kapolsek serta Komunitas Sosial lainnya.

  • Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:35:05 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya