Pemda Lotim Gelar Seminar Peringatan HUT KORPRI Ke-51

  • Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:51:18 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pemda Lotim Gelar Seminar Peringatan HUT KORPRI Ke-51

Selong – Dalam rangka peringatan HUT KORPRI ke-51, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur menggelar seminar yang diikuti oleh ASN lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung di ruang Rupatama 1 Kantor Bupati pada Selasa Pagi, (25/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, Ranu Mihardja selaku Jaksa Ahli Utama pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung, Efi Laila Kholis selaku Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik, Pimpinan OPD beserta jajaran ASN lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur, Camat dan perwakilan Kepala Desa.

Mengusung tema “Integrasi ASN Dalam Menghadapi Era Digitalisasi Pemerintahan”, Bupati dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan seminar tersebut dengan cermat sehingga apa yang akan disampaikan oleh narasumber nantinya dapat diaplikasikan dalam melaksanakan tugas yang diemban.

Disebut juga oleh Bupati, ada 2 (dua) substansi yang menjadi fokus pada kegiatan seminar tersebut diantaranya pertama, integritas dimana dalam KBBI memiliki makna kejujuran yang memancarkan kewibawaan dan mengantarkan ketentraman. Dan kedua, digitalisasi dalam Pemerintah, tentu dengan meninggalkan rekam jejak positif. Bupati menyebut bahwa dalam menjalankan roda pemerintahan, perlu adanya digitalisasi pemerintahan karena dapat melayani masyarakat secara efektif dan efisien.

Ranu Mihardja sebagai narasumber seminar tersebut menyebut di era saat ini integritas sudah menjadi barang langka. Apalagi di era digitalisasi yang kini menuntut untuk menggunakan digital dalam kehidupan sehari-hari, bahkan dalam pengelolaan pemerintahan.

Disebut juga tata kelola pemerintahan yang baik memiliki kriteria yang berkemampuan untuk memicu kompetensi, akuntabilitas, responsip terhadap perubahan, transparan, berpegang pada aturan hukum, mendorong partisipasi penguna jasa, mementingkan kualitas, efektif dan efisien, mempertimbangkan rasa keadilan bagi seluruh pengguna jasa dan terbangunnya suatu orientasi pada nilai-nilai.

Dijelaskan dihadapan peserta seminar, AKHLAK memiliki makna yang berarti Amanah (sebagai ASN wajib memegang teguh kepercayaan yang diberikan), Kompeten (tidak henti-hentinya terus belajar dan mengembangkan kapabilitas), Harmonis (saling peduli dan menghargai perbedaan), Loyal (berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara), Adaftif (terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan) dan Kolaboratif (membangun kerjasama yang sinergi).

Ditempat yang sama, Kepala Kejaksaan Negeri Lombok Timur Efi Laila Kholis selaku narasumber juga pada kegiatan tersebut menyampaikan terkait perlindungan saksi dalam optimalisasi pemberantasan korupsi.

  • Selasa, 25 Oktober 2022 - 14:51:18 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya