Peringatan Hari Pahlawan Di Kabupaten Lombok Timur

  • Kamis, 10 November 2022 - 12:32:21 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Peringatan Hari Pahlawan Di Kabupaten Lombok Timur

Selong - Peristiwa yang terjadi pada 10 November 1945 di Kota Surabaya menjadi bukti besarnya pengorbanan para pejuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan yang telah gugur, hari bersejarah tersebut kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan.

Di Kabupaten Lombok Timur, upacara peringatan Hari Pahlawan ini  dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati pada hari Rabu Pagi, (10/11) yang dalam hal ini Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taufik sebagai Inspektur Upacara. Selain itu turut hadir para jajaran Forkopimda, Perwakilan Veteran Lombok Timur, Pimpinan OPD beserta jajarannya OPD lingkungan Kabupaten Lombok Timur.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 mengusung Tema yang berbunyi “Pahlawanku, Teladanku”. Tema ini memiliki harapan agar perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan pembangunan dan mengisi kemerdekaan.

Inspektur upacara H. M. Juaini Taufik menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini untuk menjadikan Hari Pahlawan sebagai semangat dan  renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup berbangsa dan negara serta menghidupkan kembali perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan.

Tri Rismaharini juga memperingatkan perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kesiapsiagaan menghadapi bencana alam termasuk pandemi covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan.

Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan serta pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para pejuang muda untuk mengelola kekayaan alam indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara. Namun dengan semangat “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”, peringatan hari pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

Menteri Sosial juga mengajak masyarakat menjadikan momentum peringatan hari pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya, memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur serta memberantas paham radikal, kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah.

  • Kamis, 10 November 2022 - 12:32:21 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya