Pemanfaatan Aplikasi Srikandi dan Tanda Tangan Elektronik

  • Kamis, 10 November 2022 - 13:55:27 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pemanfaatan Aplikasi Srikandi dan Tanda Tangan Elektronik

Selong – Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang telah mengalami perubahan dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, aplikasi Srikandi telah diluncurkan menjadi aplikasi umum bidang kearsipan pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur melalui Dinas Kominfo dan Persandian menggelar pertemuan Konsolidasi Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (SRIKANDI) serta penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) yang bertempat di ruang Rupatama 1 pada Kamis Pagi, (10/11).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Dr. Fauzan menyampaikan ada 4 (empat) OPD yang harus segera mengimplementasikan Aplikasi Srikandi dan TTE di masyarakat, yakni Dinas Kearsipan dan Pustaka, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, Sekretariat Daerah, dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Aplikasi Srikandi atau Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Aplikasi tersebut bersifat Government to Government (G2G), sehingga dimanfaatkan oleh Instansi Pusat maupun Daerah.

Aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur utama. Pertama, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman, dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar-Instansi Pemerintah. Kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh, dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

Penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum Instansi Pemerintah dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan. Hal ini dikarenakan setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa. Dr. Fauzan juga mengharapkan Aplikasi ini menjadi Langkah baik dan terintegrasi bagi percepatan pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Perwakilan Sekretariat Daerah dan perwakilan Dinas Kominfo dan Persandian.

  • Kamis, 10 November 2022 - 13:55:27 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya