Percepatan Implementasi Aplikasi Srikandi di Lombok Timur

  • Senin, 21 November 2022 - 14:53:03 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Percepatan Implementasi Aplikasi Srikandi di Lombok Timur

Selong – Dalam rangka percepatan implementasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) SRIKANDI, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur yang berlangsung pada Senin Pagi (21/11).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur yang diwakili oleh Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Timur Baiq Widiani Astuti.

Dalam sambutannya, Kabag Kerjasama Setda Kabupaten Lombok Timur menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim yang telah mendukung terselenggaranya Bimbingan Teknis (BIMTEK) penggunaan aplikasi SRIKANDI dengan harapan dapat mewujudkan perlindungan kearsipan berbasis teknologi informasi.

Ditempat yang sama, Sekertaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lombok Timur Marepudin menyampaikan perkembangan zaman yang terkenal dengan istilah Revolusi Industri 4.0 atau juga yang biasa dikenal dengan istilah “cyber physical system” dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi, data besar yang memainkan peran penting dalam kehidupan manusia. Kearsipan dalam hal ini harus bisa beradaptasi, berinovasi dan berevolusi dengan perkembangan zaman.

Selain itu, ia menerangkan Aplikasi SRIKANDI merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk memanajemen data secara elektronik sehingga data yang ada tercentralisasi secara berkelanjut dan dapat terealisasi di lingkup Kearsipan Kabupaten Lombok Timur.

Perlu diketahui, Aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum, maka tidak ada lagi Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah yang membangun aplikasi kearsipan sendiri-sendiri. Karena proses bisnis, stadar data dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi.

Ia menyebut dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur utama didalamnya yakni fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Aplikasi ini juga terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya. Selain itu, terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

Disebut juga penggunaan aplikasi SRIKANDI sebagai aplikasi umum Instansi Pemerintah dinilai sebagai bentuk pengkatan kualitas dalam bidang kearsipan serta mengoptimalkan dalam melindungi kepentingan hak data rakyat.

Acara yang berlangsung selama 4 (empat) hari mulai dari 21 s/d 24 November 2022 diikuti oleh 24 perwakilan dari berbagai OPD maupun Kecamatan lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur.

  • Senin, 21 November 2022 - 14:53:03 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya