Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR!

  • Senin, 05 Desember 2022 - 11:09:30 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Tingkatkan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi SP4N-LAPOR!

Selong – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur melalui Bidang  Pengelolaan Opini dan Informasi Publik menggelar rapat dengan agenda penyusunan Rencana Aksi terkait Aplikasi SP4N-LAPOR bertempat di ruang Command Center pada Senin pagi, (05/12).

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat ((SP4N-LAPOR) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara Nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

SP4N-LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Lombok Timur Dr. Fauzan, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan terkait dengan pelayanan publik terutama bagaimana menghargai, mengelola dan menindaklanjuti pengaduan publik.

Ia juga menjelaskan upaya Kementerian Kominfo RI menjadikan semua aplikasi menjadi 1 (satu) secara Nasional, artinya seluruh Pemerintahan yang ada di Indonesia hanya memiliki 1 (satu) aplikasi yang saling terhubung. Namun, terkait hal unik di setiap kabupaten/kota diperkenankan membuat Aplikasi sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berharap Rencana Aksi yang diselenggarakan tersebut mampu diimplementasikan dan dapat diukur, sehingga pengaduan publik bisa diselesaikan secara maksimal.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Pengelolaan Opini dan Informasi Publik Muh. Amin Khutbi menyampaikan kegiatan ini merupakan tindaklanjut pertemuan Pemerintah yang berlangsung beberapa bulan yang lalu di Makassar yang menghasilkan beberapa kesepakatan terkait SP4N Lapor.

Lombok Timur sendiri dalam penerapan SP4N-LAPOR! telah menerima aduan sebanyak 247 pengaduan meskipun hanya 20 dari pengaduan tersebut yang ditindaklanjuti, akan tetapi, ini membuktikan bahwa Pemerintah Lombok Timur telah memnggunakan SP4N-LAPOR! dengan semestinya.  Rencana pada tahun 2023 nanti Pemerintah akan memfokuskan pada monitoring dan evaluasi terkait SP4N-LAPOR! tersebut.

Selain itu, ia menegaskan Rencana Aksi terkait SP4N-LAPOR! ini adalah langkah Pemerintah dalam memberikan kepastian kepada masyarakat terkait pengaduan yang masuk.  Rencana ini menjadi permulaan bagi Pemerintah untuk membahas dan menyusun bagaimana bentuk strategi dan apa saja yang perlu dilaksanakan.

  • Senin, 05 Desember 2022 - 11:09:30 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya