Gelar Jumpa Pers, Pemda Lotim Sumbang Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur

  • Jumat, 09 Desember 2022 - 12:03:44 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Gelar Jumpa Pers, Pemda Lotim Sumbang Bantuan Kepada Korban Gempa Cianjur

Selong - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy didampingi Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kabag Kesra Setda Lombok Timur dan Kabag PKP Setda Lombok Timur menggelar Konferensi Pers bersama semua Wartawan Media Cetak dan Online yang ada di Lombok Timur terkait jumlah sumbangan korban bencana alam gempa bumi Cianjur, Jawa Barat dan mekanisme penyerahan sumbangan yang berlangsung di ruang Rapat Bupati pada Jum’at Pagi, (09/12).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur berinisiatif mengumpulkan dana dari seluruh OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dan juga berasal dari sumbangan masjid yang ada di Desa/Kecamatan dalam rangka berpartisipasi mengatasi kesulitan masyarakat Cianjur yang mengalami musibah gempa bumi seperti yang pernah dialami Lombok Timur beberapa tahun lalu.

Sejauh ini, Pemerintah Daerah Lombok Timur telah menggalang dana sebanyak Rp 1,246 miliar lebih yang berasal Dari 61 OPD, 21 Kecamatan dan LSM Inspiratif Lombok Mart. Dalam hal ini, Kecamatan Suralaga menjadi Kecamatan yang paling banyak berpartisipasi dalam memberikan sumbangan sebesar Rp. 119 juta lebih. Ia mengatakan laporan ini bersifat sementara, mengingat masih banyak Kecamatan yang belum menyerahkan bantuan.

Sementara itu, teknis pengiriman bantuan akan diberikan secara tunai dengan rincian Rp 1,1 miliar akan diberikan lansung kepada Bupati Cianjur, sedangkan sisanya akan disumbangkan kepada Lembaga Masyarakat untuk kepentingan trauma healing dan kebutuhan lainnya. Ia menyebut pemberian langsung uang tunai merupakan langkah yang tepat mengingat yang lebih mengetahui kebutuhan masyarakat adalah Pemerintah Cianjur itu sendiri.

Bupati juga meminta Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim), Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala BPBD, dan Kabag Kersa, untuk mewakili Pemerintah Daerah dalam memberikan bantuan kepada Cianjur, Jawa Barat. Bupati menyebut diutusnya Kepala Dinas tersebut untuk membantu dan berbagi pengalaman bagaimana membangun rumah anti gempa, membantu kegiatan trauma healing dan lain-lain.  Selain itu, ia meminta kepada 6 (enam) orang perwakilan dari rekan-rekan wartawan untuk membersamai untuk memonitoring kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh OPD dan masyarakat Lombok Timur, lebih khusus kepada seluruh warga Suralaga atas antusias dalam memberikan sumbangan kepada warga Cianjur. Ia juga berharap gempa susulan yang masih sering terjadi di beberapa Daerah hingga saat ini tidak berdampak parah dan memakan korban lagi.

  • Jumat, 09 Desember 2022 - 12:03:44 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya