Optimalkan Pendapatan Daerah Secara Digital

  • Senin, 19 Desember 2022 - 16:24:01 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Optimalkan Pendapatan Daerah Secara Digital

Selong – Dalam rangka optimalisasi penerimaan pendapatan pajak daerah secara digital, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lombok Timur menerima kunjungan Sosialisasi Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang digelar oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Lombok Timur yang dilaksanakan di ruang Command Center pada Senin pagi, (19/12).

Pembayaran PBB secara daring memudahkan masyarakat untuk membayar pajak. Melalui sistem daring, pelayanan PBB bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sepanjang tersedia layanan internet.

Dengan sistem pelayanan PBB online wajib pajak dapat melakukan pencarian terhadap berkas permohonan perubahan data yang telah diinputkan melalui PBB online dan juga dapat melihat rekam pembayaran pajak PBB-P2 apakah sudah lunas semua atau ada tunggakkan.

Dalam penyampaiannya, Kepala Bidang Statistik Hj. Rosliani mewakili Kepala Dinas Kominfo menyambut antusias pembayaran pajak secara online tersebut, karena menurutnya inovasi tersebut tepat digunakan pada era yang serba digital, sehingga masyarakat juga tidak perlu melakukan pembayaran langsung ke Bapenda. Ia juga berharap pembayaran PBB secara online bisa memenuhi target yang telah ditetapkan Bapenda.

Ditempat yang sama, Staf Bidang PBB dan BPHTB Bapenda Kabupaten Lombok Timur Roby Sofandy, menyampaikan pembayaran PBB bagi masyarakat Lombok Timur bisa dilakukan melalui aplikasi m-banking, Tokopedia, Indomart maupun QRIS. Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa melakukan pembayaran secara mudah dan cepat. Aplikasi tersebut terus dilakukan pengembangan agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat

Selain itu ia menambahkan, dengan inovasi tersebut masyarakat juga mampu mengetahui sejauh mana keaktifan dalam membayar pajak. Ia juga menegaskan kedepan akan dilakukan pendataan dan penataan ulang agar biaya pajak yang diwajibkan kepada masyarakat sesuai dengan jenis pajak yang dikenakan.

  • Senin, 19 Desember 2022 - 16:24:01 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya