Pilkades Serentak, Harapan Bupati Berjalan Lancar Dan Aman

  • Rabu, 01 Maret 2023 - 12:25:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur
Pilkades Serentak, Harapan Bupati Berjalan Lancar Dan Aman

Selong – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur beserta Polres Lombok Timur dan Kodim 1615 menggelar apel deklarasi damai terkait pemilihan Kepala Desa serentak yang akan berlangsung di Kabupaten Lombok Timur tahun 2023 yang diikuti oleh Bupati Lombok Timur, Forkopimda, Pimpinan OPD serta seluruh calon Kepala Desa. Apel yang dilaksanakan di Halaman Polres Lombok Timur tersebut merupakan upaya deteksi dini persoalan-persoalan yang menjadi kekhawatiran dalam pelaksanaan Pilkades serentak.

Dalam acara tersebut Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy menyoroti beberapa hal sebagai langkah antisipasi diantaranya, dengan menenkankan guna mencegah pendukung panatik di desa, karena pendukung panatik menurut Bupati dapat melakukan sesuatu yang berlebihan untuk memenangkan calon yang mereka unggulkan. Selanjutnya terkait kampanye hitam, kampanye hitam disebut bupati disebarkan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab melalui media sosial yang berdampak terhadap pandangan masyarakat.

Selain itu, netralitas juga disoroti Bupati terlebih bagi penyelenggara Pilkades. Ia menilai Panitia pemilihan di tingkat desa telah teruji akuntabilitas dan kapabilitasnya. Ia pun berharap perangkat desa juga dapat melaksanakan tugas dengan baik dan netral.

Tak hanya itu, Bupati juga bahas persoalan politik uang yang menjadi penekanan bupati selanjutnya. Menurutnya, saat ini politik uang terjadi di banyak tempat. Ia berpesan para calon Kepala Desa agar berpikir secara rasional dan tidak berlebihan dalam memberikan sesuatu ke masyarakat.

Disinggung juga soal perjudian, ia meminta jajaran Polsek, Polmas serta Babinsa dan petugas lapangan untuk mengantisipasi hal tersebut. Dikhawatirkan perjudian memberikan pengaruh terhadap hasil Pilkades serentak. Bupati menambahkan mobilisasi pemilih dari luar desa juga perlu di antisiapasi sehingga Bupati juga mengingatkan mobilisasi dari luar perlu di antisipasi.

Harapan besar Bupati kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelanggaraan Pilkades serentak mulai dari panitia penyelenggara, calon Kades dan petugas keamanan dapat melaksanakan tugas secara akuntabel dan sesuai dengan regulasi, sehingga pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan aman dan damai seperti yang telah dideklarasikan. Tak lupa Bupati mengingatkan pentingnya pelibatan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam upaya tersebut.

Sementara itu, Kapolres Lombok Timur AKBP Hery Indra Cahyono pada apel tersebut berkomitmen untuk mengawal Pilkades serentak agar berjalan aman dan sukses. Hal serupa juga ditegaskan Kasdim 1615/ Lombok Timur Mayor Inf. Lalu Muhammad Syukur. Ia juga mengajak semua pihak mensukseskan Pilkades serentak dengan harapan masyarakat di 53 desa yang menyelenggarakan Pilkades dapat menggunakan hak pilihnya.

  • Rabu, 01 Maret 2023 - 12:25:34 WIB
  • Admin Kominfo Lombok Timur

Berita Terkait Lainnya